Selasa, Juli 23, 2013

Kurikulum PAUD berdasarkan Multiple Intelligence

Mudah2an artikel yang saya copas dari sumbernya ini bisa jadipanduan kita untuk mendidik dan membentuk karakter anak kita.. cemunguud

1. KECERDASAN LINGUSITIK
§  Mendengarkan orang tua/teman berbicara
§  Dapat menjadi pembicara dan pendengar yangbaik
§  Menirukan kembali 3-4 urutan kata
§  Menyebutkan kata-kata dengan suku awal katayang sama. Misal: kaki-kaki atau suku kata akhir yang sama, misal: nama-sama,dll
§  Mendengarkan cerita dan menceritakan kembaliisi cerita secara sederhana
§  Menjawab pertanyaan tentangketerangan/informasi secara sederhana
§  Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
§  Menunjukkan gerakan-gerakan, misalnya duduk,jongkok, berlari, makan, melompat, menangis, senang, sedih, dll
§  Menyebutkan posisi/keterangan tempat.Misalnya: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di kiri, di kanan,dll.
§  Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)
§  Bercerita tentang gambar yang disediakan atauyang dibuat sendiri
§  Menceritakan isi buku walaupun tidak samaantara tulisan dan yang diungkapkan
§  Menghubungkan tulisan sederhana dengan symbolyang melambangkannya
§  Menyebutkan bentuk-bentuk benda yang barudilihatnya
§  Menceritakan informasi tentang sesuatu yangdiperoleh dari buku
§  Menceritakan kembali suatu informasiberdasarkan ingatannya
§  Mencoba dan menceritakan apa yang terjadijika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian,batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalamair: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan(gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencobadan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.
2. KECERDASAN MATEMATIKA-LOGIS
§  Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yangdiketahui anak. Misalnya: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
§  Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan,tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut cirri-ciritertentu.
§  Mencoba dan menceritakan apa yang terjadijika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian,batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalamair: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi),percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakanbermacam-macam rasa, bau dan suara.
§  Membilang atau menyebut urutan bilanganminimal dari 1-10.
§  Membilang dengan menunjuk benda ( mengenalkonsep bilangan dengan benda-benda sampai 5).
§  Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai5.
§  Mengenal konsep banyak-serdikit, lebih-kurang,sama-tidak sama.
§  Menghubungkan atau memasangkan lambangbilangan dengan benda-benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis).
§  Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya,yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit.
§  Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri(lingkaran, segi empat, segitiga).
§  Menyebutkan kembali benda-benda yangmenunjukkan bentuk-bentuk geometri.
§  Mengerjakan maze ( mencari jejak) yangsederhana.
§  Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh(4-6 keping).
§  Memasang benda sesuai dengan pasangannya.
§  Membedakan konsep kasar-halus melalui pancaindera.
§  Memecahkan masalah sederhana.
§  Menyebutkan konsep depan-belakang-tengah,atas-bawah, luar-dalam, pertana-terakhir-diantara, keluar-masuk, naik-turun,maju-mundur.
§  Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat,melalui mengukur dengan satuan tak baku (lankah, jengkal, benang atau tali, dll).
§  Membedakan konsep berat-ringan, gemuk-kurusmelalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera.
§  Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisiwadah dengan air, pasir biji-bijian, beras, dll.
§  Membedakan konsep tinngi ke rendah.
§  Membedakan konsep besar kecil.
§  Membedakan konsep cepat-lambat.
§  Membedakan waktu (pagi, siang, malam).
§  Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu,bulan an tahun.
§  Memperkirakan urutan berikutnya setelahmelihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih,merah,…..
3. KECERDASAN VISUAL SPASIAL
§  Membuat berbagai macam coretan
§  Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentangcerita mengenai gambar yang di buatnya
§  Bercerita tentang gambar yang disediakan atauyang dibuat sendiri
§  Membaca gambar yang memiliki kata/ kalimat
§  Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbulyang melambangkannya
§  Menggambar bebas dengan berbagai media (pensilwarna, krayon, arang dll) Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat,menggabar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proposional)stempel/mencetak dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepayah, karetbusa,dll.)
§  Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuranbesar
§  Mewarnai bentuk gambar sederhana
§  Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentukgeometri
§  Mencipta bentuk lidi
§  Membatik dan jumputan sederhana
§  Bermain warna dengan berbagai media.Misalnya:Krayon,cat air,dll
§  Melukis dengan jari ( FingerPainting )
4. KECERDASAN MUSIK
§  Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
§  Membuat bunyi-bunyi dengan berbagai alat
§  Menciptakan alat perkusi sederhana (misalnyamembuat krincingan dari tutup botol)
§  Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuatirama
§  Menggerakakkan kepala, tangan atau kaki sesuaidengan irama musik/ritmik
§  Mengekspresikan diri secara bebas sesuai iramamusic
§  Menyanyikan lagu secara lengkap
§  Menyanyikan beberapa lagu anak
§  Mencipta mengarang syair lagu
§  Bermain dengan berbagai alat musik perkusisederhana
§  Mengucapkan syair dari beberapa lagu
5. KECERDASAN KINESTETIK
§  Membuat berbagai bentuk dengan menggunakanplastisin, playdough/tanah liat
§  Menjiplak dan meniru  membuat garis tegak,datar, miring, lengkung dan lingkaran
§  Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)
§  Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu
§  Menggunting bebas
§  Merobek bebas
§  Meronce dengan manic-manik
§  Berjalan ke berbagai  cara, isalnya:berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papa titian, berjalan kedepan dengan tumit, berjalan ke depan dengan jinjit (angkat tumit), berjalanmendur
§  Melopat ke berbagai arah dega satu atau duakaki
§  Memanjat,bergantung, dan berayun
§  Berdiri dengan tumit, berjalan di atas stukaki dengan seimbang
§  Berlari kemudian melompat dengan seimbangtanpa jatuh
§  Berlari dengan berbagai variasi
§  Merangkak dengan berbagai variasi
§  Melakukan gerak keseimbangan pada saatdudukdan berdiri
§  Memutar dan mengayunkan lengan
§  Menarik dan mendorog benda
§  Membungkukkan tubuh
§  Membungkukan badan
§  Melambungkan dan menangkap objek (bolabesar,kantong biji, dll)
§  Menangkap dan melempar objek (bolabesar,kantong biji, dll)
§  Memantulkan objek (bola besar,kantong biji,dll) diam ditempat
§  Memantulkan objek (bola besar,kantong biji,dll) sambil berjalan/ bergerak
§  Mencocok dengan pola bantuan guru
6. KECERDASAN INTERPERSONAL
§  Bersikap ramah
§  Meminta tolong dengan baik, mengucapkan salam
§  Berterima kasih jika memperoleh sesuatu
§  Berbahasa sopan dalam berbicara
§  Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
§  Mau mengalah
§  Mau berbagi miliknya dengan misalnya makanan,mainan, dll
§  Meminjamkan miliknya dengan senang hati
§  Sabar menunggu giliran
§  Dapat atau suka menolong
7. KECERDASAN INTRAPERSONAL
§  Tidak mengganggu teman
§  Mampu mengerjakan tugas sendiri
§  Menunjukkan kebanggan terhadap hasil karjanya
§  Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
§  Membersihkan diri sendiri dengan bantuan,misalnya: menggosok gigi, mandi, buang air, dll
§  Membantu membersihkan lingkungannya
§  Berhenti bermain pada waktunya
§  Dapat dibujuk
§  Tidak cengeng
§  Mematuhi perintah secara sederhana
§  Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi danberhenti menangis pada waktunya
§  Mengenal dengan baik jenis permainan yangdipilih sendiri dan menghindari benda-benda berbahaya
§  Mengetahui barang-barang milik sendiri danmilik orang lain
§  Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
§  Melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah
§  Mengikuti aturan permainan
§  Melaksanakan tugas yang diberikan guru
§  Mengenal dan menjaga barang milik sendiri
§  Dapat memasang kancing atau resleting sendiri
§  Memasang dan membuka tas sepatu
§  Mampu makan sendiri
§  Membuang sampah pada tempatnya
§  Berani pergi dan pulang sendiri
§  Mengurus dirinya sendiri dengan sedikitbantuan. Misal: makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkansepatu, dan mengikat tali sepatu
8. KECERDASAN NATURAL
§  Menyiram tanaman, memberi  makan binatang
§  Membantu membersihkan lingkungannya
§  Membuang sampah pada tempatnya
9. KECERDASAN SPIRITUAL
§  Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakankegiatan
§  Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
§  Menirukan gerakan ibadah secara sederhana
§  Menyebutkan waktu beribadah
§  Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan. Misal:manusia, bumi, langit, tanaman, hewan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menikah Belum Mapan? Siapa Takut?

Beberapa hari lalu di timeline fb saya ada yang memposting isinya “Beruntunglah bagi pasangan yang telah menikah dan mereka berdua memulain...